Berbagai Peralatan Pertukangan

Kayu buatan yang sering digunakan untuk furniture

A. Partikel board = PALING RENDAH


Partikel adalah papan yang terbuat dari serbuk kayu yang dilem dan dipadatkan. KEUNTUNGAN = MURAH KERUGIAN= MUDAH RUSAK, BEBAN TIDAK BOLEH TERLALU BERAT, PANTANG 100% kena AIR FINISHING = biasanya DECOSHEET (sejenis finishing yang PALING TIPIS dan PALING MURAH. juga PALING LEMAH.. gampang TERKELUPAS) CONTOH PRODUK = O*****C dan SEKELASnya.


B. MDF (Medium Density Fibreboard) = Kelas MEDIUM
  MDF adalah papan yang terbuat dari serbuk kayu dicampur lem dan kimia2 lain, lebih PADAT dibandingkan PARTIKEL. KEUNTUNGAN = agak KERAS, permukaan MULUS (gampang untuk difinishing), sedikit lebih kuat terhadap air dibanding partikel) KERUGIAN = rentan terhadap air, jadi anggep lah kalo partikel 1 minggu ngembang... kalo MDF itu lebih tahan lah.. 1 bulan kemudian baru ngembang.. ato lama2 ngembang.. JANGKA WAKTU LEBIH LAMA (INTINYA jangan kena air. lebih cocok untuk bagian atas, kaya ambalan pajangan.) FINISHING = biasanya HPL ato finishing melamic (tapi ditempel veneer ato ga teakwood/ yg ky urat2 kayu lainnya)..

C. HDF (High Density Fibreboard) = Kelas MEDIUM UP.. sodaranya MDF

HDF adalah papan yang terbuat dari serbuk kayu dicampur lem dan kimia2 lain., lebih PADET dibandingkan MDF. KEUNTUNGAN = lebih KERAS dari MDF, permukaan MULUS (gampang untuk difinishing), sedikit lebih kuat terhadap air dibanding partikel) KERUGIAN = lebih mahal dibanding MDF. rentan terhadap air, jadi anggep lah kalo partikel 1 minggu ngembang... kalo HDF itu lebih tahan lah.. 1 bulan kemudian baru ngembang.. ato lama2 ngembang.. JANGKA WAKTU LEBIH LAMA (INTINYA jangan kena air. lebih cocok untuk bagian atas, kaya ambalan pajangan.) FINISHING = biasanya HPL ato finishing melamic (tapi ditempel veneer ato ga teakwood/ yg ky urat2 kayu lainnya)..

D. BLOK BOARD/ BLOK TEAK = KELAS MEDIUM-UP (tergantung finishing) apa bedanya?? yang 1 polos, yang 1 pake urat jati.. (TEAK = JATI)
 BLOKBOARD/TEAK adalah papan yang terbuat dari SUSUNAN KAYU SOLID yang dijepit/dilem dengan triplek. KEUNTUNGAN = KUAT, lebih tahan air dibanding A,B,C, untuk RANJANG SUSUN, BEBAN yang ditanggung kuat menampung LEBIH DARI 150 KILOGRAM jadi kalo dibilang kekuatan, BLOKBOARD/TEAK boleh diacungin jempol KERUGIAN = ada kemungkinan rayapan jika pengeringan dari pabrik kurang baik, tapi jarang terjadi, ada "merek" nya.. yg bagus ma yg biasa FINISHING = untuk B.BOARD lebih cocok untuk DUCO / HPL... untuk B.TEAK biasanya MELAMIC.. karna ada urat jati tapi ditutupin pake duco.. mending ambil BLOKBOARD 


E. MULTIPLEK = KELAS MEDIUM-UP (tergantung finishing) MULTIPLEK adalah papan yang terbuat dari BERLAPIS2 TRIPLEK biasanya KELIPATAN 3mm, misalnya 9mm, 12mm, 15mm, 18mm.. kalo bukan kelipatan 3, biasanya "banci" (nama panggilan) ato produk ERROR. KEUNTUNGAN = KUAT, lebih tahan air dibanding A,B,C, kemungkinan rayap kecil karna diLEM sehingga rayap yang TIDAK TAHAN KIMIA mati. KERUGIAN = kemampuan menahan BEBAN lebih lemah sedikit dibanding BLOKBOARD/TEAK FINISHING = MULTIPLEK biasa difinishing menggunakan melamic (MULTIPLEK + TEAKWOOD), ato DUCO (MULTIPLEK SAJA), HPL(MULTIPLEK dilapisi HPL) atau POLYURITHANE (sejenis CAT MAHAL, yang hasilnya CLEAR GLOSS SEPERTI KACA).