Berbagai Peralatan Pertukangan

Membuat meja dari limbah kayu bekas kemasan



Desakan pengurangan penggunaan sumber daya alam, terutama kayu, makin menguat. Penghematan demi penghematan harus dilakukan oleh manusia. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan konsep reuse pada barang terbuang atau yang sudah tak terpakai.
Kayu sebagai sumber daya alam yang makin berkurang jumlahnya, berakibat pada harga beli yang mahal. Jadi, tak ada salahnya jika menggunakan kembali kayu bekas tak terpakai, misalnya palet kayu bekas, untuk menjadi material furnitur rumah yang baru dan menarik.

Palet kayu umumnya kita jumpai pada pelabuhan peti kemas. Pasalnya, palet kayu ini memang fungsi utamanya ialah sebagai packaging ekspedisi. Namun, palet kayu dengan kesan sangat industrial ini ternyata bisa dirubah menjadi perangkat rumah/furnitur yang cantik dan menarik.

 Apa itu palet kayu?
Palet kayu merupakan susunan kayu yang digunakan menjadi alas sebuah barang. Palet kayu juga bisa dibentuk untuk peti kemas pengiriman barang.
Palet kayu dipakai sebagai bantalan pengiriman barang ekspor impor. Biasanya palet kayu banyak dicari oleh pelaku usaha agar barang yang akan dikirim tidak rusak selama perjalanan. Palet kayu ini berasal dari kayu pohon yang berbuah, seperti rambutan.

Palet kayu menjadi salah satu barang yang jika digunakan kembali (reuse) menjadi barang yang sangat menarik dan tidak terbatas penggunaannya. Dengan kreativitas penggunaan kembali palet kayu ini, dapat membuat kualitas dan harganya jauh melebihi ‘sebuah palet kayu’ pada umumnya.

Dengan memakai palet kayu bekas ini, Anda juga bisa berperan untuk mengurangi limbah kayu bekas. Tertarik mencobanya? Simak ide furnitur dari palet kayu bekas berikut ini.